Sejarah

Pembentukan Program Studi Ilmu Gizi di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin didasari oleh komitmen pimpinan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin dan seluruh staf yang berada di Bagian Gizi. Melalui perjuangn yang panjang (kurang lebih 3 tahun), pada akhirnya, tanggal 22 September 2005, lahirlah Program Studi Ilmu Gizi dengan dikeluarkannya SK Dikti No.3127/D/T/2005. Dengan adanya SK Dikti ini maka secara resmi, FKM sudah dapat memulai melakukan proses pembelajaran dalam program studi ini.

Pada tahap awal pengembangan program studi Ilmu Gizi telah dilakukan beberapa kali lokakarya. Dimulai dengan lokakarya tentang pembentukan Program S1 Gizi dan Lokakarya yang terkait dengan kurikulum serta proses belajar mengajar. Pertemuan di tingkat Nasional juga diikuti oleh beberapa staf bagian Gizi FKM utamanya dalam pembentukan KIGI (Kolegium Ilmu Gizi Indonesia) dan AIPGI (Asosiasi Institusi Pendidikan Gizi Indonesia). Melalui kedua badan ini juga dilakukan penyeragaman kurikulum inti dan berbagai metode pembelajaran seperti SCL (Student Centered Learning).

Pada saat SK Dikti diterbitkan, proses penerimaan mahasiswa baru (MABA) jalur SMU sudah selesai (September). Oleh karena tidak memungkinkan, maka penerimaan mahasiswa pada tahun 2005 hanya difokuskan pada mahasiswa tugas belajar (Tubel). Sejak tahun ajaran (TA) 2006/2007, Selain Maba asal Akademi, Prodi Ilmu Gizi juga menerima Mahasiswa yang berasal dari SMA. Pelaksanaan seleksi masuk mahasiswa dilakukan minimal 1 kali satu tahun dengan materi ujian standar dan ditetapkan secara nasional.Pengelola Program Studi ini pada awalnya diketuai oleh Prof.Dr.Veni Hadju dengan sekretarisnya adalah Dr.Dra.Nurhaedar Jafar, Apt., M.Kes., sesuai dengan SK Rektor No. 1223/J04/P/2005 tanggal 17 Okt 2005. Pada saat Prof.Dr.Veni Hadju sebagai dekan, maka dilakukan penggantian ketua program studi, dimana berdasarkan SK Rektor No. 826/H4/P/2007 tanggal 21 Mei 2007, ketua program studi adalah Dr.Dra.Nurhaedar Jafar,Apt.,M.Kes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *