CNRD – Sejarah

Awalnya, Center of Nutrition Research and Development (CNRD) Universitas Hasanuddin yang didirikan pada tanggal 5 Mei 1995 bernama Pusat Kajian Invensi Mikronutrien Universitas Hasanuddin, disingkat Pusat Mikronut.

Bukan untuk gagah-gagahan jika kemudian nama Pusat Studi ini ditransfer kedalam bahasa inggris dengan sebutan Center for Micro nutrien Studies and Intervensions yang disingkat Micro Center. Nama untuk memudahkan komunikasi, karna sejak awal berdiri Pusat Studi gizi dan pangan telah menjalin kerja sama dengan beberapa mitra kerja diluar negri.

Meski semula hanya berupa kegiatan kecil, namun dilaksanakan dengan serius. Dengan keseriusan ini, akhirnya PPPGK Unhas dikenal dan diakui keberadaannya. Salah satu bentuk pengakuan tersebut adalah diterimanya Pusat Studi Gizimikro sebagai salah satu pusat studi pada lembaga penelitian Unhas melalui SK Rektor No.10536/J04/P.12/1996. Peresmiannya dilakukan oleh Prof.Dr. Haryono Suyono pada tanggal 12 Desember 1996.

Pada perkembangannya selanjutnya, nama Pusat Gizimikro ini ternyata tak bisa lagi mewakili kegiatan-kegiatan yang semakin luas yang dilaksanakan oleh pusat Studi ini. Karena alasan tersebut, nama pusat Gizi mikro kemudian kami ganti menjadi Pusat Studi Gizi dan pangan (PSGP) Universitas Hasanuddin, yang rasanya lebih bisa mengakomodir kegiatan-kegiatan yang telah dan akan dilakukan. Perubahan nama ini dilakukan melalui SK Rektor Unhas No. 11241/J04/KP/36/1997.

Seiring dengan penelitian yang berkembang, maka PSGP dituntut untuk mengembangkan pusat-pusat kajian utama kesehatan masyarakat. Oleh karena itu mulai akhir tahun 1999 menjadi Pusat Penelitian Pangan, Gizi dan Kesehatan (PPPGK).

Bukan hanya nama, pengurus pusat penelitian ini juga mengalami pergantian. Ada yang sejak awal masih aktif, namun ada juga yang karena kesibukan yang harus mereka untuk mencurahkan sebagian besar perhatian untuk kegiatan tersebut, lalu meminta agar mereka direlakan untuk sejenak meninggalkan pusat studi ini. Namun yang pergi ini kemudian tergantikan oleh mereka yang baru, yang juga mempunyai semangat untuk melakukan yang terbaik, yang dapat disumbangkan. Hingga pada tahun 2009-2013 PPPGK mengalami mati suri, faktor kesibukan masing-masing anggota penelitinya menjadi salah satu alasan.

Di awal tahun 2014, Prof.Dr.dr.A.Razak M.Thaha yang dulunya adalah penggagas lembaga penelitian ini merasa iba melihat perkembangannya, maka beliau berinsiatif untuk menghidupkan kembali PPGK dibawah naungan Program Studi Ilmu Gizi FKM Universitas Hasanuddin. Setelah pembicaraan yang panjang, tanggal 16 Juni 2014 relaunching diadakan dengan mengusung nama baru “Center of Nutrition Research and Development disingkat CNRD.

20140616_102704

Gambar Relaunching Center of Nutrition Research and Development di Lantai III Program Studi Ilmu Gizi FKM UNHAS

       Ada yang pergi ada juga yang datang. itulah perjalanan singkat dari CNRD. Yang pergi, seperti kata mereka : hanya sementara, dan yang datang, selamat bergabung.

Menyatukan langkah, semangat dan harapan serta menjadikan pusat studi ini sebagai rumah, di mana orang yang pergi suatu saat dapat pulang dan yang datang dapat merasa nyaman, memang merupakan keinginan sejak awal. Rumah yang nyaman yang dapat mendukung dan menggerakkan keinginan untuk melakukan yang terbaik. Sebab yang terpenting memang adalah melakukan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *